Minggu, 06 Oktober 2013

Makna yang terkandung antara Rindu dan Kangen

Rindu dan kangen, dua kata yang mungkin selalu keluar dari mulut pasangan sejoli dimanapun berada. Tanpa mengenal batas usia, tanpa mengenal background masing-masing, tanpa mengenal dia dari mana, anaknya siapa, cantik, tampan, hitam, putih, kaya, miskin dll semua orang ketika telah merasakan getaran cinta didalam hatinya akan mengeluarkan dua kata tersebut.  Entah karena sedang iseng smsan sama doi tiba-tiba muncullah ide untuk mengetik salah satu dari kata tersebut, ataukah yang sedang ingin merangkai sebuah puisi nan indah buat sang pujangga hati, salah satu atau kedua kata tersebut ada didalam puisinya.

sekarang kita bahas apa perbedaan dua kata tersebut antara 'rindu dan kangen'. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kawan-kawan.  'kangen'  itu adalah 'rasa yang ingin sekali tuk bertemu atau berjumpa'. terus bagaimana dengan rindu??. 'rindu' mempunyai dua makna kawan-kawan   
  • pertama, sangat ingin dan berharap benar terhadap sesuatu
  • kedua, memiliki keinginan yang kuat untuk bertemu.

untuk kata rindu ada banyak arti juga  :

Rindu adalah perasaan yang tiba-tiba muncul saat kita menginginkan sesuatu yang pernah ada, mendambakan suasana yang pernah terjadi di masa lalu kita, atau yang baru saja pergi dan menghilang.
Rindu adalah mengharapkan kembali seseorang yang pernah ada di hidup kita, menanti kedatangannya dan ingin segera bertemu melepaskan rasa gundah.
Rindu adalah perasaan mengharap kembali apa-apa yang biasa terjadi di hidup kita, Yaitu hal-hal yang menyenangkan, suasana yang menggembirakan, tempat yang indah, keadaan yang nyaman, seseorang yang menarik hati atau apapun yang menakjubkan di waktu yang lalu.
Rindu adalah rasa hati yang gundah gulana, sesakkan dada, mengganggu pikiran, uring-uringan dan mungkin bisa juga dikatakan dengan istilah GALAU, kata yang kemaren sempat popular di telinga kita. Intinya tak sabar lagi ingin bertemu dengan sesuatu yang semakin kita nantikan semakin kita harapkan.
Terkadang Rindu itu memang pedih, tapi Ia adalah kepedihan yang berujung manis, Karena ada kebahagiaan berlebih saat terpenuhi dengan yang kita inginkan.
Rindu itu mengharukan tapi juga menggairahkan, keheningan yang menggelisahkan. Rasa hati yang hampa, lara, pilu dan sebagainya yang sangat mengganggu perasaan hati. Ia juga bisa meracuni pikiran dan membuat konsentrasi hilang dari otak kita. Rasa Rindu yang berlebih juga bisa membuat kita termenung, bersedih, dan mungkin bisa membuat kita menangis. Karena keinginan kita begitu membara dan tak bisa dikendalikan lagi.
Rindu juga bisa membuat kita bertingkah lucu tanpa kita sadari. Kita jadi tersenyum sendiri, melamun sendiri, atau mungkin tertawa sendiri dalam keheningan. Hal itu wajar karena rindu bisa membuat kita larut seperti ngobrol dengan perasaan kita sendiri. Namun hati-hati jangan sampai gila karena rindu. Hehehee…
Objek dari rasa rindu memang banyak macamnya, bisa rindu pada kenangan, rindu pada masa lalu, rindu pada teman lama, rindu pada sahabat, rindu orang tua, rindu keluarga dan yang paling umum dari rasa rindu itu adalah rasa rindu pada kekasih hati. Atau dikenal dengan istilah kangen.
Dahulu pernah kumendengar lagu dangdut yang kira2 liriknya seperti ini :
“Mau makan teringat padamu
Mau tidur teringat padamu
Mau apapun teringat padamu kekasihku…”
 Puisi Rindu untuk Mu ...
rindu ku ingin miliki mu 
rindu ku ingin selalu bersamamu 
rindu ku tak ingin lepas kan mu
rindu untuk mu selalu tanpa batas waktu 
di sisi mu pun rindu ku bersenandung 
rindu ku miss you pada Mu
sumber : link      link


 
animasi blog